Hide Menu

Mau Bikin Glasses tapi Gatau Bahan Frame Kacamata yang Bagus? 6 Pilihan Ini Tahan Lama!

Berikut Adalah Material Frame Kacamata yang Bagus dengan Desain Terkini dan Cocok untuk Semua Bentuk Wajah!

Artikel Bahan Frame Kacamata yang Bagus ini diposting diperbarui
0 Pembaca
Like
Bahan Frame Kacamata yang Bagus 2024
© freepik.com/newafrica

Sedikit Lebih Dekat dengan Frame Kacamata

Sedikit Lebih Dekat dengan Frame Kacamata
freepik.com/senivpetro

Bagi pria dan wanita yang menggunakan kacamata, pasti memiliki momen untuk memilih bingkai kacamata yang cocok. Bingkai kacamata yang dibuat dari material yang berbeda-beda biasanya memiliki kemungkinan untuk berganti-ganti tampilan kacamata.

Ketika membeli kacamata atau kacamata hitam, pasti Anda akan konsultasi ke dokter mata atau optik tentang variasi warna, durability, keringanan, merk favorit, material anti alergi, keunikan, dan harga frame yang hendak Anda beli.

Apakah mencari frame kacamata dengan kualitas terbaik dan sesuai itu susah? Faktanya, untuk mendapatkan frame dengan kualitas yang sesuai keinginan itu sangat mudah, lho. Kok bisa?

Iya jelas bisa, karena jika Anda sudah mengetahui jenis material apa yang cocok, maka akan lebih mudah mendapatkan frame tersebut. Selain itu, bahan bingkai kacamata untuk pria dan wanita itu memiliki keunikan sendiri.

Lalu, bagaimana dengan bahan frame kacamata yang bagus? Ini juga menjadi poin utama sebuah frame kacamata. Sayang jika salah memilih bahan, maka kacamata tersebut tidak akan awet. Oleh sebab itu, tim Rekomin akan memberi tahu bahan kacamata yang bagus untuk Anda. Cek di sini!

Ciri-Ciri Kacamata yang Bagus

Ciri-Ciri Kacamata yang Bagus
freepik.com

Setelah Anda mengetahui secara singkat bahan bingkai untuk kacamata. Kini, tim Rekomin akan mengajak Rekomers untuk mengetahui ciri kacamata yang bagus. Berikut ciri-cirinya:

  • Mampu Menopang Lensa

Ciri yang pertama adalah frame kacamata harus mampu menopang lensa kacamata dengan baik. Biasanya, kacamata dengan lensa minus atau plus membutuhkan lensa yang tebal sehingga mengharuskan frame kacamata yang kuat.

  • Bahan yang Kuat

Ciri selanjutnya dari bahan frame yang bagus yaitu memiliki kekuatan, kokoh, tahan karat, dan tahan banting. Jangan asal memilih bahan frame kacamata karena jika salah pilih bisa jadi tak akan tahan lama. 

  • Sesuaikan dengan Bentuk Wajah

Jangan lupa, kacamata yang bagus juga harus sesuai dengan bentuk wajah. Pasalnya, bentuk wajah setiap orang berbeda-beda, ada yang memiliki wajah oval, kotak, segitiga, lonjong, dan bentuk wajah lainnya. Rekomers harus benar-benar memperhatikan bentuk wajah saat memilih frame karena akan membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik jika bentuknya sesuai dengan bentuk wajah.

  • Sesuaikan dengan Warna Kulit

Ciri yang terahir adalah warna frame yang sesuai dengan warna kulit. Tidak hanya bentuk wajah saja yang berbeda, tapi warna kulit juga berbeda. Warna kulit yang sedikit gelap harus menghindari frame dengan warna warna terang atau gelap. Contohnya, kulit sawo matang lebih cocok menggunakan frame dengan warna krem, emas, dan cokelat.

Sedangkan, warna kulit yang cenderung putih, ada baiknya menggunakan frame dengan warna perak, hitam, biru, dan merah.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Rekomin. Meski Rekomin terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Rekomin. Silakan baca kebijakan editorial Rekomin untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Bahan Frame Kacamata yang Bagus - Terbaru 2024

Setelah mengenal frame kacamata secara singkat. Kini, saatnya tim Rekomin akan menjelaskan bahan frame kacamata yang kuat dan tahan lama. Simak penjelasannya di bawah sini!

1
Bahan Plastik

Tampil dengan Design Kacamata yang Simpel

Bahan Plastik

2
Bahan Metal

Daya Tahan Tinggi Bikin Tampilan Anda Lebih Keren

Bahan Metal

3
Bahan Titanium

Tampilan yang Tipis Terlihat Simple dan Classy

Bahan Titanium

4
Bahan Stainless Steel

Mau Kacamata Tahan Badai? Pakai Kacamata Ini

Bahan Stainless Steel

5
Bahan Alumunium

Bahan yang Ringan Membuat Tampilan Unik

Bahan Alumunium

6
Bahan Wood & Horn

Terkesan Lebih Hangat dan Mewah

Bahan Wood & Horn

Anda bisa percaya Rekomin. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Rekomin meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tampil dengan Design Kacamata yang Simpel
© freepik.com
1
Tampil dengan Design Kacamata yang Simpel

Bahan Plastik

Rekomendasi kami

Frame dari bahan plastik dapat Anda temui di mana-mana, mulai dari toko resmi hingga penjual yang berada di pinggir jalan. Jenis bahan plastik adalah zyl (zylonite atau cellulose acetate), nilon, dan minyak biji jarak.

Bahan plastik jenis zyl memiliki pilihan warna yang beragam, tidak hanya warna putih dan hitam saja. Plastik jenis nylon lebih halus, transparan, dan terlihat glossy dari pada jenis bahan plastik lainnya. Sedangkan bahan plastik jenis minyak biji jarak ini bisa jadi terdengar aneh, tapi bahan jenis ini sering dipakai karena murah.

Frame berbahan plastik memiliki krakteristik yang ringan, mudah pecah, gampang terbakar, dan warna yang cepat memudar. Tapi, ini tidak berlaku untuk semua jenis bahan plastik. Meski begitu, bahan plastik dengan material yang modern biasanya kualitasnya jauh lebih baik.

Daya Tahan Tinggi Bikin Tampilan Anda Lebih Keren
© freepik.com/watchwater
2
Daya Tahan Tinggi Bikin Tampilan Anda Lebih Keren

Bahan Metal

Rekomendasi kami

Bahan frame kacamata yang bagus selanjutnya yaitu metal yang identik dengan kuat dan tahan lama. Metal memiliki sifat tahan karat dan mudah dibentuk. Bahan metal dikenal kuat dan juga tangguh. Saat bahan metal dijadikan sebagai bingkai kacamata, bahan ini sangat bisa diandalkan dan memiliki daya tahan yang tinggi.

Frame metal kebanyakan yang anti alergi, sehingga orang-orang dengan kulit sensitif bisa mengalami iritasi jika bersentuhan secara langsung dengan muka. Namun, hal ini dapat dicegah dengan cara melapisi dengan bahan yang mengandung anti karat seperti palladium atau bahan lain yang bebas nikel.

Tampilan yang Tipis Terlihat Simple dan Classy
© freepik.com/kamranaydinov
3
Tampilan yang Tipis Terlihat Simple dan Classy

Bahan Titanium

Rekomendasi kami

Titanium dan beta-titanium menjadi salah satu material yang sering dicari untuk frame kacamata. Titanium merupakan metal dengan warna silver-gray yang ringan, kuat dan juga tahan lama. Bahan ini juga memiliki sifat anti korosif yang membuatnya tidak mudah berkarat.

Kacamata titanium biasanya diproduksi dalam berbagai macam warna yang membuat penampilan menjadi elegan dan model. Beberapa frame titanium merupakan kombinasi dari bahan titanium dan bahan metal lainnya seperti nikel ataupun tembaga.

Umumnya, bahan titanium alloy frames harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan yang 100% terbuat dari titanium murni. Biasanya, bahan titanium memiliki frame kacamata dengan gagang dan lensa yang tipis. Dengan begitu, tampilan Anda jadi lebih keren dan kece parah.

Mau Kacamata Tahan Badai? Pakai Kacamata Ini
© freepik.com/ramilph
4
Mau Kacamata Tahan Badai? Pakai Kacamata Ini

Bahan Stainless Steel

Rekomendasi kami

Bingkai kacamata stainless steel dan surgical stainless menjadi alternatif lain dari frame titanium. Bingkai stainless steel memiliki kualitas yang kuat dan bebas racun. Sebagian stainless steel frames menawarkan sifat nickel-free, sehingga frame tersebut hypoallergenic.

Bahan ini sangat mudah didapatkan dan juga harganya terjangkau. Stainless alloy merupakan campuran dari bahan steel, chromium, dan tidak menutup kemungkinan mengandung elemen lain.

Sebagian besar stainless steel mengandung sekitar 10-30% chromium. Dari kandungan stainless steel bisa diartikan bahwa bahan ini sangat tahan karat, abrasi, dan juga panas. Biasanya pula, kacamata berbahan stainless steel ini lebih digunakan untuk kacamata dengan jenis half-frame.

Bahan yang Ringan Membuat Tampilan Unik
© freepik.com/nataliakopylcova
5
Bahan yang Ringan Membuat Tampilan Unik

Bahan Alumunium

Rekomendasi kami

Alumunium merupakan bahan metal non-ferrous atau metal selain dari besi dan baja. Bahan alumunium merupakan salah satu dengan bahan baku yang paling berlimpah dan sering digunakan. Sifat dari alumunium yaitu lembut dan lemah. Bahan ini memiliki sejumlah kecil silikon dan besi yang bersifat keras dan kuat.

Jika bahan alumunium dibuat frame kacamata, maka akan menghasilkan bingkai yang ringan dan sangat tahan karat. Bahan ini menjadi salah satu bahan yang biasa dipakai oleh pembuat kacamata high-end karena tampilan unik yang dihasilkan oleh bahan alumunium.

Terkesan Lebih Hangat dan Mewah
© freepik.com/originalmockup
6
Terkesan Lebih Hangat dan Mewah

Bahan Wood & Horn

Rekomendasi kami

Memangnya kayu bisa dijadikan frame kacamata? Tentu bisa dong! Sama seperti gambar di atas, kayu, tulang, dan tanduk kerbau itu bisa dijadiin bahan untuk membuat frame kacamata dan biasanya bingkai tersebut dibuat dengan tangan (Ketut Hersa Swadharma et al, 2018). Ini yang menjadikan frame dengan bahan yang satu ini menjadi sangat langka.

Kayu dan tulang memiliki sifat yang kaku, susah untuk disesuaikan dan juga harganya yang sangat mahal. Frame jenis ini memberikan kesan yang menawan, indah, dan juga penampilannya yang unik.

Sedangkan frame dari tanduk kerbau memiliki tampilan yang elegan dan hangat. Jika tertarik, jenis bahan satu ini juga bisa Anda gunakan untuk berbagai lensa, termasuk yang bening dan berwarna. Jadi, sebutkan namanya, dan beli sekarang juga! 

Tanya Jawab Seputar Bahan Frame Kacamata yang Bagus

Setelah penjelasan yang cukup panjang, pasti ada bagian yang Rekomers bingung. Di section kali ini, tim Rekomin akan menjawab pertanyaan yang sering muncul di benak Anda. Berikut pertanyaan dan jawabannya, cek di bawah!

Frame titanium apakah bagus?

Frame kacamata dengan bahan titanium memiliki berat cukup ringan. Frame ini memiliki sifat yang anti korosif, tidak mudah karat dan tidak mudah patah. Ditambah lagi, bahan titanium merupakan bahan hipoalergi atau bahan yang tidak menyebabkan alergi.

Apa itu frame TR90?

Frame bahan TR90 adalah bingkai kacamata yang terbuat dari sejenis bahan polimer dengan memori. TR90 merupakan bahan bingkai ultra-ringan yang sangat populer di dunia.

Frame kacamata bagus merk apa?

Ternyata ada beberapa brand untuk frame kacamata yang bagus dan sedang trend di dunia. Beberapa di antaranya berasal dari branded fashion terkemuka, yaitu:

  1. Chanel
  2. Oakley
  3. Nike
  4. Ray Ban
  5. Gucci
  6. Emporio Armani
  7. Police
  8. Tom Ford
  9. Dolce & Gabbana
  10. Dolomiti Eyewear

Kesimpulan: Bahan Frame Kacamata yang Bagus

Sebuah kacamata terbilang bagus jika memiliki bahan yang terbukti berkualitas yang tinggi. Tim Rekomin sudah menjelaskan 6 jenis bahan frame kacamata yang sering Anda jumpai.

Jenis frame di atas memiliki ketahanan dan tingkat kenyamanan yang tinggi saat Anda kenakan. Maka, segeralah pilih model kacamata terbaru Anda sekarang juga! Ingat, jangan sampai salah pilih bahan kacamata yang cocok untuk kulit Anda, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Rekomin adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Rekomin mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo